Friday, June 27, 2014

PROTON

thinking leads us to actions. actions lead us to happy life.
you can't live a positive life with a negative mind.
but you must notice:
positive thinking is nothing unless you take a positive action.
an action is nothing unless you face challenges and rejection
think positevely, plan creatively, and act differently
so, I dare you to be positive!
anggap saja yang di atas itu hanya hidangan pembukan.
mari, aku ajak kalian mempositifkan pikiran dari beberapa hal kecil.

aku selalu percaya bahwa semua hal itu bisa dipositifkan. ada yang bilang, "hal yang sama itu kalau dilihat dari kacamata berbeda akan berbeda pula hasilnya" ya, aku setuju. hal sepositif apapun kalau diliatnya dari jeleknya terus alhasil kesimpulannya juga jelek. percayalah, dunia ini tidak membutuhkan banyak orang ber-negative thinking.

seperti proton. partikel subatomik yang bermuatan positif, tidak pernah bergerak, hanya diam di tempat. aku selalu suka sama sifatnya proton. bayangkan kalau proton itu sifat manusia yang selalu positif terhadap apapun di sekitarnya dan konsisten untuk berada di tempatnya yang positif. istimewa, kan?

aku selalu belajar untuk melihat sesuatu dari positifnya. misalnya saja ada yang bilang "jam segini baru bangun? kebo banget sih!" bersyukur lah kalau ada yang pernah dibilang demikian. aku harap tidak perlu panjang lebar menjelaskan tentang binatang yang disimbolkan untuk manusia yang suka tidur. kerbau itu binatang ternak bagi sebagian besar bangsa di dunia. tenaganya tentu saja dimanfaatkan untuk menarik pedati atau pun membantu petani membajak di sawah. daging dan susunya bisa dikonsumsi. tanduknya bisa dijadikan hiasan, hulu keris, serta penjepit wayang kulit. kotorannya pun ikut berkontribusi positif karena bsia dijadikan pupuk dan bahan bakar. bahkan menurut mitologi Hindu, Dewa Yama (Dewa Kematian)  sering digambarkan menunggangi kerbau.

lihat kan, kerbau yang dijadikan simbol negatif itu ternyata memiliki banyak hal positif.

sebenarnya banyak sekali hal negatif yang bisa dipositifkan. tapi aku sangat ingin berbagi mempositifkan 'sesuatu' yang satu ini.


pohon ganja. 
apa yang kalian pikirkan saat membaca tulisan tersebut? ayolah, jujur saja. predikat haram, perusak generasi muda, barang memabukkan, dan julukan-julukan negatif lainnya telah mendarah daging dalam pikiran masyarakat. dan tanpa sadar, informasi tersebut menjadi sebuah kebijakan Internasional yang sangat disanjung-sanjung. seakan memberantas pohon ganja seolah memberantas kejahatan. menangkap pengguna ganja dianggap sebagai suatu kewajiban negara dalam menyejahterakan warga negaranya.

tapi tahukah mereka? sejak tahun 12.000 SM sampai tahun 1900-an, ganja dikenal sebagai pohon kehidupan karena memberikan banyak manfaat untuk menopang perabadaban manusia. seratnya untuk pakaian dan kertas, bijinya sebagai sumber protein dan minyak nabati, bunga dan daunnya sebagai obat dan sarana spritual. di Viriginia  pernah diberlakukan Undang-undang  tanam paksa antara tahun 1763-1767 petani "wajib menanam  ganja" dan dikenai hukuman penjara jika gagal memproduksinya, sebuah bentuk ironi tanam paksa ganja di Amerika.

ganja juga pernah menjadi penopang perekonomian terbesar di Amerika. dan yang lebih menarik lagi adalah ganja yang merubah kehidupan di Afrika. menurut catatan Herman von Wissman (German), Afrika berasal dari suku Bashilange. jadi suku Bashilange ini adalah suku kanibal di mana perang antar-suku maupun antar-desa tidak pernah berhenti. hingga tahun 1850-an masuklah budaya menghisap ganja yang memberikan efek psikoaktifnya yaitu menenangkan dan memberi efek gembira.

pemimpin suku Bashilange pun mulai memiliki banyak pengikut untuk melakukan 'ritual' ini. Para pria dalam suku Bashilange yang saling berperang mulai duduk bersama dan saling berbagi, lalu secara bergantian menghisap ganja dengan alat yang diberi nama “pipa perdamaian”. 

sejak saat itu, perubahan besar mulai terjadi. suku tersebut meninggalkan kebiasaan kanibalnya dan mulai membuat hukum untuk dipatuhi bersama. hebatnya lagi para lelaki dilarang keras mengangkat senjata. mereka juga memanggil satu sama lain dengan sebutan 'teman'. lihat? hisapan ganja bisa membuat antar manusia mengakhiri tabiat buruknya.

masih banyak lagi hal-hal negatif yang bisa dilihat dari segi positif. 
pesanku, jadilah proton.

No comments :

Post a Comment